MAKNA SILA-SILA YANG TERDAPAT DALAM PANCASILA

MAKNA- MAKNA YANG TERKANDUNG DALAM PANCASILA

Pancasila yang merupakan dasar negara yang mempunyai arti dan makna yang sangat luarbiasa, sudah seharusnya kita sebagai warganegara Indonesia dapat mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila tersebut. Namun sebelum itu kita harus mengetahui sila-sila yang berada dalam pancasila( lima dasar) tersebut.

1.         Ketuhanan yang Maha Esa

2.         Kemanusiaan yang adil dan beradab

3.         Persatuan Indonesia

4.         Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan perwakilan

5.         Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

 

Dan barulah setelah itu kita memahami apa saja nilai – nilai yang terkandung dalam masing – masing sila tersebut. Dibawah ini adalah nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila :

1. Nilai Ketuhanan

2. Nilai Kemanusiaan

3. Nilai Persatuan

4. Nilai Kerakyatan

5. Nilai Keadilan

 The Explain is :

1.         Nilai Ketuhanan

            Yang dimaksud dengan Nilai Ketuhanan yaitu adanya kenyakinan serta pengakuan dari bangsa terhadap adanya Tuhan sebagai pencipta alam semestsa ini. Nilai ini menunjukkan bahwa bangsa indonesia adalah bangsa yang beragama/ religius dan bukanlah tidak punya agama juga tuhan ( ateis). Dari nilai ini juga mempunyai makna yaitu bahwa adanya sikap toleransi dan tidak berlaku diskriminatif  antar umat beragama.

.2.        Nilai Kemanusiaan

            Yang dimaksud dengan Nilai Kemanusiaan yaitu sebagai umat bergama kita seharusnya bisa saling menghormati antar sesama manusia, tidak membeda-bedakannya karena kita sebagai manusia yang mempunyai kesadaran prilaku sesuai dengan nilai moral  dan melakukannya sebagaimana mestinya.

3.         Nilai Persatuan

            Yang dimaksud Nilai Persatuan yaitu kita sebagai bangsa indonesia sudah sepatutnya mempunyai jiwa Nasionalisme. Dengan rasa persatuan tersebut maka tidak ada perbedaan suku, ras antara satu dengan yang lainnya. Persatuan Indonesia sekaligus mengakui dan menghargai sepenuhnya terhadap keanekaragaman yang dimiliki bangsa indonesia.

4.         Nilai Kerakyatan

            Yang dimaksud Nilai Kerakyatan yaitu makna suatu pemerintahan dari rakyat, oleh

 rakyat, dan untuk rakyat dengan cara musyawarah mufakat melalui lembaga-lembaga perwakilan. Dan mufakat itu semua dilakukan hanya untuk bangsa indonesia.

5.         Nilai Keadilan

            Yang dimaksud Nilai Keadilan maknanya dasar sekaligus tujuan terakhir bangsa indonesia, yaitu tercapainya masyarakat Indonesia Yang Adil dan Makmur. Diharapkan bahwasanya rakyat indonesia akan mendapatkan kesejahteraan bersama secara lahiriah dan batiniah.

 

            Itulah makna yang terkandung dalam sila-sila tersebut. Sebagai rakyat saya hanya berharap akan adanya kesejahteraan bersama di indonesia ini , dan bangsa indonesia sendiri dapat berpikir bahwa Negara Kesatuan kita ini nantinya akan menjadi negara yang makmur dengan pengamalan sila-sila yang telah disebutkan. Menjadi negara yang Maju dan tidak ada lagi rakyat- rakyat yang ditelantarkan kan dan mereka semua saya harap akan mendapatkan pendidikan yang cukup. Semoga generasi yang akan datang ini dapat mengubah Negara Kesatuan Indonesia ini menjadi Negara yang aman, makmur, sejahtera dan jujur.

 

 

 

RUSIANA

1261201001091

Fakultas Ekonomi II A ( Pagi )

Pancasila

.

 

Tinggalkan komentar